JAWABAN UAS
Nama : Syamsul Hadi
NIM : 52 2011 0135
Bidang Studi :
Bahasa Arab
Lokasi :
Perkotaan / pedesaan
____________________________________
SOAL UAS PASCASARJANA TP UIA, KUMPULKAN
JAWABAN
DI BLOG MASING-MASING
Jika anda seorang guru profesional yang akan
melakukan misi pembelajaran di sebuah sekolah percontohan. Tahapan apa yang
akan anda lakukan agar siswa belajar penuh semangat mengikuti pembelajaran yang
anda lakukan dengan mengacu pada Teori yang sudah dipelajari dan anda dalam
pembelajaran tersebut selalu melibatkan Media Pembelajaran. Jelaskan dengan anda
sebagai guru bidang studi tertentu.
(pilih salah satu lokasi Sekolah di Pedesaan
atau perkotaan)
Jawaban:
Pertama kali harus menanamkan niat yang benar
dan luhur bahwa mendidik adalah ibadah kepada Allah dalam rangka membelajarkan
pebelajar. Ibadah kepada Allah dengan melayani peserta didik.
Selanjutnya secara teknis melakukan
langkah-langkah pembelajaran yang sesuai
dengan teori-teori yang diciptkan para ahlinya. Di antaranya membuat desain
pembelajaran. (1) menganalisis kebutuhan untuk menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan
pembelajaran dapat diperoleh dari serangkaian tujuan pembelajaran yang ditemukan
dari analisis kebutuhan, dari kesulitan-kesulitan warga belajar dalam praktek
pembelajaran, dari analisis yang dilakukan oleh orang-orang yang bekerja dalam
bidang, atau beberapa keperluan untuk pembelajaran yang aktual. (2) Melakukan pembelajaran. Dalam tahap ini
saya memilih langkah-langkah yang sesuai dengan hasil analisa kebutuhan, untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan setelah proses belajar selesai. (3)
Menganalisa warga belajar dan lingkungannya. Kompetensi warga belajar yang ada
saat ini, yang lebih disukai, dan sikap-sikap ditentukan berdasarkan
karakteristik atau setting pembelajaran dan setting lingkungan tempat
keterampilan diterapkan. Langkah ini adalah langkah awal yang penting dalam
strategi pembelajaran. (4) Merumuskan tujuan khusus. Yaitu menuliskan tujuan
belajar dalam performan yang bias diukur dan dievaluasi. Keberhasilan tujuan
khusus ini adalah indikator tercapainya kompetensi prasyarat bagi
tujuan umum. (5) Mengembangkan instrument penilaian. Yaitu membuat instrument penilaian
dengan tes dan non tes yang bermanfaat untuk memotret kemampuan siswa dengan
yang sebenarnya untuk juga diinformasikan kepada peserta didik. (7) Mengembangkan
materi pembelajaran. Memilih materi pelajaran dan mencari refrensi yang
relevan, lalu kami kemas dalam produk ICT, bentuk Power point, CD interaktif
dll. (8) Merancang dan Mengembangkan Evaluasi Formatif. Rancangan ini dibuthkan
untuk mengevaluasi efektifitas pembelajaran sehingga menungkinkan untuk diperbaiki
jika ternyata masih perlu perbaikan. (9) Merevisi Pembelajaran. Sebagai feedback
evaluasi formatif perlu dilakukan revisi, baik pilihan bahan pembelajaran maupun
metode pembelajaran. (10) Langkah terakhir adalah mengembangkan evaluasi
sumatif. Tes ini diselenggarakan dalam rangka evaluasi menyeluruh baik terkait
dengan media, sumber maupun warga belajar.
Khusus terkait media pembelajaran: kami banyak melibatkan peserta didik melakukan apa yang terkait
dengan pembelajaran. Untuk bahasa Arab, sesuai dengan ranah belajar yang harus
dicapai (Kognitif, Afektif dan psikomotorik), peserta didik belajar langsung
mengungkapkan dan berbicara dengan bahasa Arab, merangkai satu kata baru dengan
kata-kata yang sudah diuketahui artinya menjadi
beberapa kalimat. Selanjutnya memanfaatkan sumber belajar lainnya yang ada di
luar ruangan kelas, berjalan-jalan ke taman sambil berbicara dengan bahasa
Arab.
Membawakan suasana belajar agar tidak membosankan, dengan
kreatifitas dan inovasi belajar dengan banyak menimba ilmu baik dari pengalaman
itu sendiri maupun dari teori-teori yang tersaji dalam buku-buku pendidikan.
Dan setelah selesai proses pembelajaran, kami sebagai guru, berserah
diri kepada Allah, menjalin hubungan batin dengan para murid dengan berdo’a
semoga mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan hidayah dari
Allah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar