Minggu, 16 Desember 2012

Jawaban UAS (Guru Profesional)


JAWABAN UAS
Nama               : Syamsul Hadi
NIM                : 52 2011 0135
Bidang Studi   : Bahasa Arab
Lokasi             : Perkotaan / pedesaan
____________________________________

SOAL UAS PASCASARJANA TP UIA, KUMPULKAN JAWABAN
DI BLOG MASING-MASING

Jika anda seorang guru profesional yang akan melakukan misi pembelajaran di sebuah sekolah percontohan. Tahapan apa yang akan anda lakukan agar siswa belajar penuh semangat mengikuti pembelajaran yang anda lakukan dengan mengacu pada Teori yang sudah dipelajari dan anda dalam pembelajaran tersebut selalu melibatkan Media Pembelajaran. Jelaskan dengan anda sebagai guru bidang studi tertentu.
(pilih salah satu lokasi Sekolah di Pedesaan atau perkotaan)

Jawaban:
Pertama kali harus menanamkan niat yang benar dan luhur bahwa mendidik adalah ibadah kepada Allah dalam rangka membelajarkan pebelajar. Ibadah kepada Allah dengan melayani peserta didik.
Selanjutnya secara teknis melakukan langkah-langkah  pembelajaran yang sesuai dengan teori-teori yang diciptkan para ahlinya. Di antaranya membuat desain pembelajaran. (1) menganalisis kebutuhan untuk menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat diperoleh dari serangkaian tujuan pembelajaran yang ditemukan dari analisis kebutuhan, dari kesulitan-kesulitan warga belajar dalam praktek pembelajaran, dari analisis yang dilakukan oleh orang-orang yang bekerja dalam bidang, atau beberapa keperluan untuk pembelajaran yang aktual.  (2) Melakukan pembelajaran. Dalam tahap ini saya memilih langkah-langkah yang sesuai dengan hasil analisa kebutuhan, untuk mencapai kompetensi yang diharapkan setelah proses belajar selesai. (3) Menganalisa warga belajar dan lingkungannya. Kompetensi warga belajar yang ada saat ini, yang lebih disukai, dan sikap-sikap ditentukan berdasarkan karakteristik atau setting pembelajaran dan setting lingkungan tempat keterampilan diterapkan. Langkah ini adalah langkah awal yang penting dalam strategi pembelajaran. (4) Merumuskan tujuan khusus. Yaitu menuliskan tujuan belajar dalam performan yang bias diukur dan dievaluasi. Keberhasilan tujuan khusus ini adalah indikator tercapainya kompetensi prasyarat bagi tujuan umum. (5) Mengembangkan instrument penilaian. Yaitu membuat instrument penilaian dengan tes dan non tes yang bermanfaat untuk memotret kemampuan siswa dengan yang sebenarnya untuk juga diinformasikan kepada peserta didik. (7) Mengembangkan materi pembelajaran. Memilih materi pelajaran dan mencari refrensi yang relevan, lalu kami kemas dalam produk ICT, bentuk Power point, CD interaktif dll. (8) Merancang dan Mengembangkan Evaluasi Formatif. Rancangan ini dibuthkan untuk mengevaluasi efektifitas pembelajaran sehingga menungkinkan untuk diperbaiki jika ternyata masih perlu perbaikan. (9) Merevisi Pembelajaran. Sebagai feedback evaluasi formatif perlu dilakukan revisi, baik pilihan bahan pembelajaran maupun metode pembelajaran. (10) Langkah terakhir adalah mengembangkan evaluasi sumatif. Tes ini diselenggarakan dalam rangka evaluasi menyeluruh baik terkait dengan media, sumber maupun warga belajar.  

Khusus terkait media pembelajaran:  kami banyak melibatkan peserta didik melakukan apa yang terkait dengan pembelajaran. Untuk bahasa Arab, sesuai dengan ranah belajar yang harus dicapai (Kognitif, Afektif dan psikomotorik), peserta didik belajar langsung mengungkapkan dan berbicara dengan bahasa Arab, merangkai satu kata baru dengan kata-kata yang sudah diuketahui artinya  menjadi beberapa kalimat. Selanjutnya memanfaatkan sumber belajar lainnya yang ada di luar ruangan kelas, berjalan-jalan ke taman sambil berbicara dengan bahasa Arab.
Membawakan suasana belajar agar tidak membosankan, dengan kreatifitas dan inovasi belajar dengan banyak menimba ilmu baik dari pengalaman itu sendiri maupun dari teori-teori yang tersaji dalam buku-buku pendidikan.  
Dan setelah selesai proses pembelajaran, kami sebagai guru, berserah diri kepada Allah, menjalin hubungan batin dengan para murid dengan berdo’a semoga mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan hidayah dari Allah.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar