Minggu, 09 Agustus 2020

Pendidikan AKhlak

 Pendidikan Akhlak 

Akhlak atau karakter adalah perbuatan yang dibiasakan sehingga menjadi sifat yang melekeat pada seseorang. Secara umum Akhlak berkonotasi positif, ketika diucapkan akhlak terbesit maksud yang dipahami secara umum akhlak mulia, terpuji, terhormat. namun demikian akhlak secara bahasa bersifat umum, mengandung juga pengertian akhlak tercela, hina. bejat. 

Karakter sempat menjadi perhatian dunia pendidikan khususnya dalam kurikulum pendidikan tahun 2013. Seiring berjalannya waktu, Covid 19 mendera sejumlah negara yang memenuhi syarat untuk ditetapkan  sebagai masa pandemi,  perhatian kepada pendidikan berkarakter meredup kembali. 

Sesungguhnya akhlak adalah buah dari proses panjang dan serius  serangkaian pendidikan yang diawali dengan menanamkan keimanan, penyadaran hubungan manusia dengan Allah dan segala konsekwensinya. Dilanjutkan dengan pendidikan yang mengatur hubungan antara  manusia dengan Tuhannya sesuai cara yang telah diajarkan oleh nabi-Nya berdasarkan wahyu yang telah diturunkan kepadanya. 

Akhlak hanya bisa dicapai manakala preoses pengantarnya ditempuh dengan baik dan benar. Akhlak tidak bisa dipaksakan dengan proyek bernilai trilyunan dalam waktu singkat atau seusia jabatan menteri maupun presiden. 

Akhlak dilandasi kesadaran diri manusia sebagai makhluk, ciptaan Tuhan. ada yang mencitptakan, ada konsekwensi diciptakan kepada yang mencptakan yaitu menghambakan diri kepada-Nya dalam laku hidup nyata selama hidup di dunia dan yakin bahwa di balik kehidupan dunia ada kehidupan lagi yang jauh lebih penting, kekal abadi, akhirat. bahagia atau sengsara di sana bersifat mutlak, dan itu sebagai balasan pilihan hidup di dunia ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar