UAS PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH
___________________________________________________________
Nama : Syamsul
Hadi
Mata Kuliah : Pengembangan Media
dan Pengelolaan Sumber Belajar
Dosen Pengampu : Dr. Samsudin
___________________________________________________________________
A.
SOAL
1.
Jelaskan pengertian Sumber Belajar yang
dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat
saudara sendiri.
2.
Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan
Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
3.
Secara skematik prosedur merancang sumber
belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
Jelaskan ke-6 langkah tersebut?
4.
Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam
persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan dengan kondisi kelas,
letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan melibatkan sumber
belajar secara optimal?
5.
Jika saudara menjadi pemangku kebijakan
dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi, Program apakah yang akan saudara
lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada
pengembangan sumber belajar?
____________ SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES ______________
B.
LEMBAR JAWABAN
1.
Pengertian Sumber Belajar
a.
Menurut Hamalik ( 1989), sumber belajar adalah semua sumber yang
dapat dipakai oleh peserta belajar, baik secara individual maupun kelompok
untuk memudahkan terjadinya proses belajar.
b.
Menurut Subandijah (1983:3), Pengertian sumber belajar pada
dasarnya merupakan suatu daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar
mengajar, baik langsung ataupun tidak, baik
sebagian atau keseluruhan.
c.
Menurut AECT,1977 sumber belajar adalah semua sumber (data, manusia,
dan barang) yang dapat dipakai oleh pelajar sebagai suatu sumber tersendiri atau
dalam kombinasi untuk memperlancar belajar meliputi pesan, orang, material, alat, teknik, dan lingkungan.
d.
Menurut Barbara B.
Seels dan Rita C. Richey, sumber ialah asal yang mendukung terjadinya belajar,
termasuk system pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Sumber belajar
tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang digunakan dalam proses belajar
pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya dan fasilitas. Sumber belajar
mencakup apa saja yang yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk
belajar dan menampilkan kompetensinya.
e.
Menurut Abdul Majid,
dalam bukunya Perencanaan Pembelajaran, sumber belajar diartikan segala tempat
atau lingkungan sekitar, benda dan orang yang mengandung informasi dapat
digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan
tingkah laku.
Dari beberapa
pendapat di atas dapat kami simpulkan, bahwa Sumber belajar adalah
segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang dapat
dimanfaatkan untuk pembelajaran.
2.
Perbedaan sumber belajar dan bahan ajar :
Untuk menjelaskan
perbedaan sumber belajar dan bahan ajar, berikut kami jelaskan tiga hal; (Pengertian,
Ruang Lingkup dan Contoh) dari masing-masing
a.
Pengertian :
Sumber belajar adalah semua
sumber yang dapat dipakai oleh peserta belajar, baik secara individual maupun
kelompok untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Yaitu setiap yang ada di
sekitar peserta belajar dan dapat memudahkan proses belajar.
Sedangkan Bahan ajar adalah segala
bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar, berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
b.
Ruang lingkup:
Sumber Belajar meliputi;
(a) tempat atau lingkungan
alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses
perubahan tingkah laku. misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai,
gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya. (b) Benda yaitu segala benda
yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku bagi peserta didik,
Misalnya situs, candi dan benda peninggalan lainnya. (c) Orang yaitu siapa saja
yang memiliki keahlian tertentu di mana peserta didik dapat belajar
sesuatu, misalnya guru, ahli geologi, polisi, dan ahli-ahli lainnya. (d) Bahan yaitu segala
sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekaman elektronik, web, dll yang
dapat digunakan untuk belajar. (e) Buku yaitu segala macam buku yang dapat dibaca
secara mandiri oleh peserta didik, misalnya buku pelajaran, buku teks, kamus,
ensiklopedi, fiksi dan lain sebagainya. (f) Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi, misalnya
peristiwa kerusuhan, peristiwa bencana, dan peristiwa lainnya yang guru dapat
menjadikan peristiwa atau fakta sebagai sumber belajar
Sedangkan Bahan Ajar terdiri dari:
1)
Media tulis,
2)
Audio visual,
elektronik
3)
Interaktif
terintegrasi yang kemudian disebut sebagai medienverbund (bahasa Jerman yang berarti media terintegrasi) atau mediamix.
Bernd Weidenmann,
1994 bahan ajar menjadi tiga besar,
1)
Auditiv yang menyangkut
radio (Rundfunk), kaset (Tonkassette),
piringan hitam (Schallplatte).
2)
Visual (visuell) yang
menyangkut Flipchart, gambar (Wandbild), film bisu (Stummfilm), video bisu
(Stummvideo), program komputer (Computer-Lernprogramm), bahan tertulis dengan
dan tanpa gambar (Lerntext, mit und ohne Abbildung).
3)
Audio visual (audiovisuell) yang
menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan
gambar (Tonbildschau),dan film/video.
c.
Contohnya :
Sumber Belajar: Buku teks Bahasa Indonesia kelas 6, Komputer dan Infocus, guru itu sendiri,
Bahan Ajar: Video rekaman,
3. Penjelasan Prosedur
Merancang Sumber Belajar
· Langkah pertama
mempelajari kurikulum.
Guru harus
mempelajari kurikulum sebelum menentukan sumber belajar, lalu guru mempelajari
silabus yang terdapat di dalam kurikulum mata pelajaran. Di kurikulum guru
dapat menemukan standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan materi
pelajaran, kegiatan belajar yang akan dilakukan dalam rangka mencapai standar
kompetensi dan kompetensi dasar, evaluasi, sumber belajar atau buku teks dan
alokasi waktu.
· Langkah kedua
menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai.
Kompetensi siswa
yang hendak dicapai dalam pembelajaran adalah kompetensi dasar, dirumuskan dalam indikator-indikator untuk dijadikan tolok ukur
pencapaian kompetensi dasar tersebut. Dari indikator-indikator ini dirumuskan
tujuan pembelajaran kegiatan belajar mengajar.
· Langkah ketiga
memilih dan menentukan materi yang akan disajikan.
Setelah guru
memahami dan mepelajari kurikulum dan mengetahui kompetensi yang hendak dicapai
selanjutnya guru memilih materi pelajaran berdasarkan tujuan pembelajaran yang
telah dirumuskan. Susunan pelajaran
berdasarkan hierarkis tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru, dimulai
dari level yang mudah sampai pada level yang sukar.
· Langkah kempat,
memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar.
Dari tujuan pembelajaran dan materi yang akan
disampaikan, guru dapat menentukan kegiatan
belajar mengajar dan sumber belajar yang akan digunakan dalam rangka untuk
mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
· Langkah kelima,
mengembangkan sumber belajar.
Dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar, guru menetapkan jenis dan sumber belajar dengan menggunakan berbagai metode yang dianggap
relevan dengan tujuan yang akan dicapai. Sumber belajar bias berwujud benda
dan juga manusia.
· Langkah keenam, mengevaluasi sumber
belajar.
Langkah terakhir
dalam kegiatan pembelajaran adalah evaluasi sumber belajar, yaitu penilaian
terhadap pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis
dan sumber belajar yang telah ditentukan, Dilakukan untuk mengetahui apakah
kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber
belajar itu efektif.
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sekolah
: .MTs. Daar el-Istiqomah Serang
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
( memahami wacana
lisan melalui kegiatan mendengarkan -berita)
Kopetensi dasar :
1.
Menyimpulkan isi berita yang
dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menunjukkan
pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2.
Peserta didik dapat menyarikan
pokok-pokok berita menjadi isi berita
3.
Peserta didik dapat menyimpulkan
isi berita dalam satu alinea
Karakter siswa yang diharapkan :
·
Dapat dipercaya ( Trustworthines
·
Rasa hormat dan perhatian (
respect
·
Tekun ( diligence )
·
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi
Pembelajaran;
Penyimpulan pikiran, pendapat dan
gagasan dalam wacana
C. Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara tentang tokoh idola
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.
Peserta didik Membacakan teks
berita
2.
Peserta didik mendengarkan teks
berita yang dibacakan
3.
Peserta didik diminta bertanya
tentang manfaat berita yang dibacakan
Motivasi :
1.
Menjelaskan isi berita yang
dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Mendengarkan wawancara narasumber
atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
2.
Mendata pikiran, pendapat dan
gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines),
Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab
( responsibility )
3.
melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
4.
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
5.
memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
RPP
Berkarakter
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Mendiskusikan ketepatan data
pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence )
Serta Tanggung jawab ( responsibility )
2.
Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun
( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
3.
Menyimpulkan isi informasi yang
didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat
dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (
diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1.
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
2.
memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.
memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
5.
berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
6.
membantu menyelesaikan masalah;
7.
memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
8.
memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
9.
memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
1.
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2.
melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
4.
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
5.
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
·
Bagan identifikasi pengalaman
·
Gambar
·
VCD
·
Narasumber
·
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia
4.
Jika saya menjadi pemangku kebijakan dibidang
pendidikan di kabupaten Serang, Program yang akan saya lakukan terkait
dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan
sumber belajar?
· Mempelajari Visi dan misi Kabupaten
Serang untuk disinergikan dengan program pendidikan
· Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah
Kabupaten Serang dalam rangka advokasi anggaran untuk pendidikan.
·
Menyusun program kerja baik jangka
pendek, menengah maupun jangka panjang
·
Melaksanakan program dengan distribusi
sesuai satuan kerja
·
Monitoring
·
Evaluasi kerja